ICTS – Innovation Center for Tropical Science

Program Aksi Kerjasama Kemanusiaan antara Human Initiative (HI) dengan Innovation Centre for Tropical Sciences (ICTS) Menghadapi Wabah COVID-19

Pendemic Covid-19 dimulai dari laporan World Health Organization WHO) pada tanggal 31 Desember 2019 tentang adanya kasus pneumonia yang tidak diketahui etiologinya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Selanjutnya pada tanggal 7 Januari 2020, Cina mengidentifikasi pneumonia yang tidak diketahui etiologinya tersebut sebagai jenis baru coronavirus (coronavirus disease, COVID-19). Pada tanggal 30 Januari 2020, WHO telah menetapkan Pandemik COVID-19 sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Yang Meresahkan Dunia/Public Health Emergency of International Concern (KKMMD/PHEIC).

Perkembangan COVID-19 di Indonesia berdasarkan update data dari kementerian Kesehatan RI. Per tanggal 25 Maret 2020 jumlah kasus positif sebanyak 790 orang, sebanyak 31 Orang sembuh/negatif dan 58 orang meninggal dunia. Tingkat kematian akibat virus Corona di Indonesia SEBESAR 8.3 % tertinggi di banding negara ASEAN. Sedangkan data dari WHO menyatakan bahwa jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 414.179 orang dengan kematian sebanyak 18.440 orang.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah sering mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan air dan sabun atau menggunakan cairan berbasis alcohol, menjaga jarak sedikitnya satu meter dengan siapapun yang bersih atau batuk, melakukan etika ketika bersin/batuk dengan menggunakan tissue, segera periksa ke tenaga medis jika mengalami demam, batuk dan kesulitan bernafas, serta melakukan karantina pribadi dan tidak melakukan akivitas diluar rumah kecuali untuk keperluan yang mendesak.

Menjaga kebersihan tangan menjadi urutan pertama yang diharuskan oleh WHO dalam menjaga agar penyebaran Pandemic COVID-19 tidak meluas. Keperluan untuk membersihkan tangan dengan rutin menggunakan sabun menjadi kendala ketika dilingkungan sekitar tidak tersedia air mengalir dan sabun, pilihan lainnya adalah menggunakan hand sanitizer, pilihan alternatif dan praktis dalam membersihkan tangan.

Sebagai upaya untuk menghadapi merebaknya virus Corona di masyarakat, Innovation Centre for Tropical Sciences (ICTS) bekerjasama dengan Human Initiative (HI) untuk menyiapkan, membuat formulasi dan mendistribusikan kepada masyarakat desinfektan berupa handsanitizer. Kerjasama ini merupakan bentuk kepedulian yang dapat mengurangi beban Pemerintah RI dalam menghadapi wabah Covid-19.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *